Sejarah

SEJARAH PERKEMBANGAN KELUARGA CHEVALIER DAN TIM  AMETUR INDONESIA 2009-2019

AWAL TERBENTUKNYA KELUARGA CHEVALIER DAN TIM AMETUR INDONESIA.
Terbentuknya Keluarga Chevalier dan Tim Ametur Indonesia diawali  dengan relasi dan kerja sama antar  Tarekat religius yang menimba inspirasi dari karisma dan spiritualitas Pater Jules Chevalier .

Tarekat-Tarekat itu adalah: MSC, PBHK, TMM dan kemudian Frater BHK. Kaum Awam yang mau mengambil bagian dalam spiritualitas yang sama, membentuk kelompok-kelompok Asosiasi yang biasanya terhubung dengan salah satu Tarekat (MSC atau PBHK). Bentuk kerjasama:
Misalnya penerbitan Warta Keluarga Chevalier yang  sejak awal melibatkan Tarekat-Tarekat: MSC, PBHK dan TMM.

Juga pendampingan dalam Kapitel-Kapitel, retret, rekoleksi dan  program pembinaan yang  telah terjalin cukup lama dalam lingkup luas Keluarga Chevalier. Momentum penting dan signifikan bermula ketika di sela-sela Pertemuan KOPTARI, pada akhir Agustus 2008, di Klaten,

P. Johanis Mangkey MSC (Provinsial MSC Indonesia) mengambil inisiatif untuk mendekati dan mengumpulkan Provinsial PBHK (Sr Madeleine PBHK), Fr Damianus Hurint BHK (Provinsial BHK) dan seorang Suster Asisten Pemimpin Umum TMM.

Ternyata keinginan untuk bertemu secara informal ada juga dalam pikiran dari Sr Madeleine dan Fr Damianus. Dalam pertemuan informal ini dibicarakan tentang kerja sama lebih intensif dan teratur ke depan antar Tarekat-Tarekat Keluarga Chevalier.

Hasil perdananya adalah Weekend Formator, yang diadakan di Provinsialat BHK Malang  pada tanggal 18 – 20 Desember 2008, yang dihadiri oleh 18 peserta , yang terdiri dari para Pemimpin dan para formator/pembina Tarekat-Tarekat MSC, PBHK, BHK, TMM. Pertemuan bersejarah berikutnya adalah Rapat Pimpinan Tarekat-Tarekat MSC, PBHK, BHK, TMM dan perwakilan Kaum Awam Chevalier yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Maret 2009 di Wisma Marie Louise, Jalan Wahid Hasyim Nomor 7 Purworejo, Jawa Tengah.

12 Maret  2009: Pembentukan Keluarga Chevalier

14 Maret 2009: Pembentukan  Tim Ametur indonesia

PERKEMBANGAN ANGGOTA AKC

PERKEMBANGAN SPIRITUALITAS:
1. Kaum Religius
2. Awam Keluarga Chevalier (Awam yang terkait dengan karya tarekat dan Awam umum).