PENGALAMAN MASA ORIENTASI DI KOMUNITAS CILACAP

Halo semuanya……saya Sr. Kristiana, Novis PBHK tahun kedua. Saya baru selesai menjalani masa orientasi di Komunitas Cilacap. Melalui media website ini, saya ingin membagi sekelumit pengalaman rohani yang saya beri judul:

‘’’MENEMUKAN MAKNA ATAS SETIAP PERISTIWA –PERISTIWA HIDUP’’’

Setiap hari yang baru adalah kesempatan bagiku untuk mengalami anugerah yang baru dan setiap tantangan adalah pintu kepada rahmat yang baru.

Pengalaman merupakan Guru yang membuat hidup ku semakin berkembang dan bekal perjalanan hidup panggilan ku.

Saya mengucap syukur atas karunia Tuhan yang telah saya terima selama masa orientasi sehingga saya sungguh menjalaninya dengan baik dan penuh sukacita walaupun menghadapi banyak kesulitan. Saya percaya dalam kesulitan itu Tuhan selalu menyertai saya, dan ia membiarkan saya agar   bisa menemukan  apa maksud dari semuanya itu. Melalui pengalaman itulah Tuhan mendidik, dan mengajarkan saya banyak hal, yang saya temukan dalam masa orientasi ini. Saya juga merasa bersyukur dan berterima kasih kepada suster Pembimbing Sr. Kolumba yang memberikan kesempatan kepada saya untuk menjalani masa orientasi  di Komunitas Cilacap.  Banyak hal yang saya pelajari dari pengalaman orientasi  ini. Saya juga sangat berterimakasih kepada Para Suster di Komunitas Cilacap yang telah menerima saya dengan baik, dan setia mendampingi dan memberikan kesempatan kepada saya untuk  untuk belajar di karya kesehatan RS Santa Maria Cilacap dan juga di Komunitas Susteran.  Perasaan yang saya alami selama orientasi  bagi saya sangat menyenangkan. Dari pengalaman ini memang tidak mudah bagi saya untuk di jalani, tentu ada kesulitan yang saya alami. Saya bersyukur karena didalam kesulitan itu, membantu dan memacu diri saya untuk mau berusaha terus belajar menemukan sesuatu yang baik dalam kesulitan itu. Sayapun  juga membangun semangat dalam diri saya untuk berani mencoba dari hal-hal yang menurut saya begitu sulit. Saya menemukan bahwa dalam kesulitan yang saya alami itu merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi saya.  Saya sangat bersyukur karena melalui  pengalamana ini saya menjadi semakin berani, dan semakin membangun relasi yang baik dengan orang lain. Saya juga belajar bertanggung jawab, setia, dan semangat menjalani tugas yang diberikan pada saya. Kebersamaan yang saya alami dalam komunitas bersama para suster sangat membantu saya untuk  mau hadir dalam kebersamaan itu. Dari orang lain dan dari setiap peristiwalah saya belajar bahwa setiap pengalaman merupakan “guru” yang banyak mengajarkan saya hal-hal yang baik untuk masa depan saya nanti dalam menapaki panggilan Tuhan. Dari pengalaman itupun saya juga bisa melihat sebuah peristiwa yang  terjadi baik peristiwa yang menyenangkan dan bahkan juga yang kurang menyenangkan itu sebagai rahmat dari Tuhan untuk saya. Saya diajak  untuk belajar bagaimana saya menangkap dan menanggapi setiap peristiwa itu, dengan membangun sikap positif dalam diri saya, dan juga cara pandang saya terhadap diri orang lain.

Pengalaman orientasi ini mendorong saya untuk belajar mengolah diri saya  agar menjadi pribadi yang semakin dewasa dalam cara berpikir dan juga dalam bertingkahlaku yang baik dan juga untuk semakin mencintai panggilan saya bahwa kehadiran saya untuk melayani orang lain. Saya juga berusaha untuk memperbaiki perasaan-perasaan yang sangat menghambat saya dalam berelasi dengan sesama,  baik dengan para suster maupun para karyawan yang saya jumpai.  Walaupun memang itu tidak mudah dan jatuh bangun terus-menerus saya tetap semangat berusaha mencoba. Pengalaman orientasi ini mendukung saya mempraktekan penghayatan ke tiga kaul.

Dalam setiap aktivitas harian, mengingatkna saya untuk bersyukur karena para suster di Komunitas Cilacap  memberikan kesempatan kepada saya untuk mengambil waktu pribadi seperti doa pribadi, membuat refleksi, mengikuti kegiatan rekoleksi, sharing komunitas  dan olahraga, khususnya Yoga. Dengan kesempatan yang diberikan itu juga membuat saya merasa diteguhkan, dan diberikan kekuatan dalam menjalani masa orientasi ini. Terima kasih juga atas nasihat, masukan yang baik yang saya terima dari para suster, semuanya itu sangat berguna bagi kehidupan saya dan juga di dalam panggilan saya selanjutnya. (BY. SR. M. KRISTIANA NOVIS II PBHK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *