INDAHNYA MENJALANI MASA ORIENTASI

Hai semuanya, perkenalkan: saya Sr. Matilda, Novis PBHK tahun kedua. Perkenankan saya memanfaatkan website ini untuk berbagi pengalaman rohani sebagai berikut:

Masa orientasi adalah masa yang berharga yang patut Saya syukuri, dimana saya boleh mendapatkan kesempatan untuk menjalani masa orientasi di komunitas Cilacap ini. Masa orientasi adalah suatu kesempatan berahmat yang tidak akan pernah terulang dua kali. Satu kesempatan, dimana saya boleh belajar mengenal karya – karya yang ada di dalam Kongregasi, khususnya di komunitas Cilacap ini. Saya diberikan kesempatan untuk belajar di unit Farmasi, Rekam Medik, di komunitas dan di dapur RS. Saya berkesempatan belajar mulai dari hal – hal kecil, belajar bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan, belajar setia pada pekerjaan, belajar mencintai pekerjaan dan belajar menghidupi semangat Spiritualitas Hati sebagaimana yang di ajarkan oleh Ppater pendiri P. Jules Chevalier. Meskipun di tengah pandemi COVID -19 , saya tetap bersemangat menjalaninya. Yang terpenting saya tetap menjaga imun tubuh dan mematuhi protokol kesehatan. Karena adanya wabah ini saya hanya menjalani orientasi di RS. Sedangkan di sekolah tidak dapat saya jalani, di karenakan siswa – siswi belum bisa mejalani proses  belajar – mengajar. Namun itu tidak mematahkan semangat saya untuk belajar dan saya tidak menyalahkan situasi seperti ini. Ini adalah kehendak Tuhan yang patut saya terima.

                Hidup di dalam komunitas sendiri memberikan saya banyak hal yang bermakna yang patut saya syukuri dan saya pelajari. Komunitas menjadi salah satu sarana belajar bagaimana saya dapat mengolah sikap, hati dan pikiran. Di komunitas ini sendiri, saya merasa di dukung dan diberi semangat untuk menjalani panggilan hidup saya. Saya merasakan adanya sebuah persaudaraan yang harmonis dan penuh cinta kasih sebagai satu keluarga dalam komunitas. Memang manusia tak pernah luput dari namanya konflik. Perbedaan pendapat itu biasa. Tetapi yang membuat luar biasa para suster tetap akur dan tetap membangun persaudaraan yang baik. Setiap peribadi adalah unik dan memberikan nilai seni yang indah. Dari keunikan itu adanya suatu hubungan yang saling melengkapi. Jadi berbeda itu bukan berarti menceraiberaikan tetapi mempersatukan. Komunitas menjadi suatu contoh persekutuan para murid, dimana Yesus yang adalah kepalanya dan para murid adalah anggota – anggotanya. Komunitas menjadi kekuatan, di kala dalam dunia karya mengalami kesulitan dan tantangan. Ketika ada komunikasi dan keterbukaan dalam menghadapi masalah, jika  dibicarakan secara bersama – sama maka akan dengan mudah mendapatkan jalan keluar. Apa yang saya pelajari selama di komunitas ini, menjadi suatu pembelajaran bagi saya di masa depan. Demikianlah hasil permenungan saya dalam menjalani masa orientasi di komunitas Cilacap ini. (Sr. Matilda – Novis II)

2 thoughts on “INDAHNYA MENJALANI MASA ORIENTASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *