PELANTIKAN PIKO/PENKO 2020-2023

Pada hari Minggu, tanggal 01 Nopember 2020, bertepatan dengan hari Raya Semua orang Kudus, telah dilaksanakan upacara Pelantikan Pemimpin/Penanggung Jawab Komunitas. Pelantikan berlangsung di dua tempat yang berbeda yakni di aula Provinsialat Jakarta untuk para Piko/Penko di Jawa dan di Kapel Panti Asuhan Bunda Kasih Merauke untuk Piko/Penko di Regio Papua. Upacara pelantikan dilaksanakan dalam Perayaan Ekaristi di Jakarta dipimpin oleh Rm. Kristanto, Pr dan di Merauke dipimpin oleh Rm. Samuel Maranresy, MSC yang kebetulan sedang visitasi di sana.

Dalam homili, Rm. Kristanto, Pr menghimbau para suster Piko/Penko melaksanakan tugasnya dengan hati yang bahagia, sehingga dapat membangun/menciptakan Komunitas yang bahagia. Alat bantu untuk menguji dan merefleksikan semangat bahagia itu dengan pertanyaan 5W &1H. Misalnya; hal apakah yang membuat saya/komunitas bahagia? Mengapa saya/komunitas bahagia? Di mana hal yang membuat saya/komunitas bahagia? Kapan saya/komunitas bahagia. Siapakah yang membuat saya/komunitas bahagia? Bagaimana saya/komunitas bisa bahagia?

Kalau kita bahagia, maka orang-orang yang ada disekitar kita ketularan bahagia, karena kebahagiaan itu ada getarannya yang bisa dirasakan.

Peringatan Hari orang Kudus ini mengajak kita untuk menjadi kudus dalam hal-hal yang kescil dan sederhana. Tugas harian itu dibuat dengan hati, dengan kepekaan, dengan kerendahan hati, dengan kesucian dan dengan ketergantungan kepada Tuhan. Dengan demikian kita membuat diri kita, komunitas dan kongregasi kita kudus.


Selamat bertugas buat para Piko/Penko. Berikut ini merupakan kumpulan foto hari pelantikan di Regio Papua.

Kumpulan potret di bawah ini meliput seputar hari pelantikan Pko/Penko di Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *